Kamis, 08 Agustus 2019




Obat Palsu beredar di 197 apotek di Semarang..  ??!!

Hari Rabu siang, ketika mengantar Emak yang kontrol  pasca dirawat selama 3 malam 4 hari,karena terkena serangan stroke saya duduk duduk. Antrean masih panjang sejak jam 12.00 WIB di RS Fastabiq Sehat PATI, sambil memberikan motivasi kepada Emak tercinta mataku tertuju pada display koran  kebanggaan wong Jawa Tengah Suara Merdeka. Sebenarnya nggak enak mengambil koran. Apalagi sedang ngobrol sama Emak yang tidak sering ketemu. Tapi judul tulisan diatas itu yang bikin penasaran. 

Ada sekelumit perasaan bertambah bersalah dan takut kalau-kalau obat yang begitu banyak selama perawatan itu ada diantaranya palsu. Terbayang juga nanti setelah kontrol, kemungkinan obatnya ditambah atau dikurangi. Akupun menyemangati Emak, untuk bersemangat latihan berjalan,menggerakkan kaki dan tangan. Mudah-mudahan dengan kembali sehat, tidak tergantung pada obat.

Alhasil, Jam 15.00 WIB mendapat panggilan. Kupapah Emak untukmenghadap pak Dokter,  kelihatan pak Dokter senang dengan perkembangan Emakku yang pesat. Cuman suruh coba gerakkan tangan, mekarkan jari-jari, angkat tangan dan TOS. Emak dan pak Dokter menepukkan telapak tangan mereka seperti dua sahabat yang sedang bertemu. Dokter kembali sibuk menulis resep. Kukira berkurang obatnya tapi ditambah lagi dan ada yang harus ditebus di Apotik tempat Pak dokter prakter di luar rumah sakit. 

Perlu diketahui BPJS yang mengkover perawatan Emak hanyalah pelayanan menginap di rumah sakit, untuk obat biaya terapi harus bayar sendiri.

Setelah mendapat info harusbalik kontrol lagi sebulan kemudian, kamipun menebus resep ke Apotik RS dan melanjutkan hunting ke Apotik yang dirujuk untuk mendapatkan obat sesuai resep dokter. Dalam perjalanan kamipun berdoa,semoga mendapatkan obat yang benar. Dan berbisik kepada Emak, "Sing gelis leh iso mlaku yo Mak, ben ra kakehan ngombe obate.. po neh no kabar obat palsu ngene kok, ning Atusan Apotek!"   (Yang Cepat bisa berjalannya ya Mak, biar nggak kebanyakan minumobatnya,apalagi ada isu obat beredar palsu di ratusan Apotek)... "Yoo sopo sing gelem ngene..." jawabnya sambilsenyum khas.

Beberapa berita tentang obat palsu yang beredar di apotik-apotik sbb.: semoga kita lebih hati-hati dalam membeli. Kejujuran sangat mahal harganya....



Tagged: , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts