Breaking News

Menu Lebaran, Mengundang Selera Munculkan Petaka





 
Namun kita mesti tetap waspada, harus mengontrol pola mengingat dampak negatif yang ditimbulkannya. Menu-menu yang tersaji dihari Lebaran, memang banyak mengundang selera, namun sebaliknya juga memunculkan petaka atau masalah bagi kesehatan kita.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang bisa kamu alami bila mengonsumsi makanan bersantan secara berlebihan.


1. Kolesterol

Santan mengandung lemak jenuh yang bisa memicu peningkatan LDL (Low Density Lipoprotein) alias kolesterol jahat dalam tubuh.
Peningkatan kolesterol bisa memicu penyakit jantung.
Karenanya, tidak dianjurkan untuk berlebihan menyantap makanan bersantan.
Secukupnya saja ya.

2. Kenaikan Berat Badan

Karena mengandung lemak, santan bisa menyebabkan berat badan naik. Satu cangkir santan menghasilkan 40 gram lemak saat dikonsumsi.
Lemak jenuh yang tinggi dan kandungan kalori di dalam santan dapat memasak rejimen penurunan berat badan. Maka dari itu, penggunaannya yang berlebihan dalam makanan sehari-hari bahkan menyebabkan penambahan berat badan.

3. Gangguan pencernaan

Santan juga mengandung karbohidrat yang difermentasi.
Karenanya, santan bisa mengakibatkan gangguan pencernaan seperti sembelit. Selain itu, santan mengandung mono-sakarida dan poliol. Kandungan tersebut akan meningkatkan risiko gangguan iritasi usus.

4. Alergi

Tak banyak yang tahu bahwa santan diklasifikasikan sebagai kacang pohon. Karenanya bagi kamu yang memiliki alergi terhadap kacang, wajib waspada pada sajian bersantan.
Dalam beberapa kasus ditemukan bahwa orang yang alergi terhadap kacang bereaksi pada santan. Santan akan memicu iritasi dan kemerahan pada kulit. Parahnya lagi, santan dapat membuat pencernaan terganggu dengan munculnya rasa mual, diare hingga muntah.

5. Hipertensi

Untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit hipertensi, dianjurkan untuk lebih baik menghindari santan. Santan dapat merangsang peningkatan kadar trigliserida yang dapat menyumbat arteri dan pembuluh darah. Kondisi tersebut akan mengakibatkan naiknya tekanan darah dalam tubuh. 

6. Stroke

Setelah penyakit jantung, stroke juga dapat menyerang kalian yang terlalu banyak mengonsumsi santan. Pengendapan lemak jahat dalam tubuh, sehingga bisa menyumbat aliran darah dan pembuluh arteri. Mengosumsi banyak santan wajib dibarengi dengan mengonsumsi mineral dan cairan yang cukup. 
Hal ini bisa menghindarkan kita dari stroke ringan.

Serta jangan lupa balurkan Minyak Oesada pada perut, itu tips seorang teman untuk menetralisir penumpukan kolesterol diperut  dan darah.