Breaking News

CARA MENGATASI MOTOR MOGOK SAAT BANJIR


Pengalaman pribadi, semoga bermanfaat untuk yang lain


Lingkungan perumahan saya termasuk yang terdampak Banjir, Alhamdulillah dirumahku hanya bertamu sampai pintu pagar (teras). Namun di tgl 01-01-20 (banjir hari pertama) karena saya harus jemput anak-anak yg dari luarkota, harus keluar rumah.. terpaksa melewati jalanan yang membuat kenalpot sampai masuk air.


Alhasil setelah melewati jalanan banjir mesin mati. Saya buka busi , basah. Untunglah saya teringat di bawah jok menyimpan penghemat BBM yg kuracik sendiri dan kuberinama OTOMAX, saya semprot kan ke busi hingga luntur jelaga atau kotorannya, ruang bakar juga saya semprot
.


Akhirnya mesin nyala juga setelah berusaha menstater dengan kaki, namun suara menakutkan seperti onderdil mesin rontok. Mesin saya matikan, beberapa semprotan saya semprotkan di tangki bensin.tunggu beberapa saat, Saya nyalakan lagi dan saya gas hingga jelaga banyak keluar dari knalpot. Lama-lama langsam dan jalan lagi , hingga gerbang perumahan. Rupanya digerbang air tinggi. Dan informasi di Taman Kebalen tinggi sehingga susah dilewati, saya amati selama 30 menit lebih gak ada angkot lewat dan kata beberapa yang lewat juga demikian. Dan dari pengamatan serta pendapat beberapa orang air disekitar gerbang ini makin meninggi, karena sudah mulai petang saya putuskan pulang.

Anak-anak saya yang sudah distasiun Bekasi saya sarankan utk mencari tempat nginep dirumah temannya saja, paginya baru saya jemput.
Dengan bismillah, motor saya nyalakan lagi dan siap menerobos genangan air lagi. Setelah shalat Maghrib di masjid terdekat, kulanjutkan perjalanan, dalam hati berfikir kelihatannya air makin tinggi...
Alhamdulillah, sampai juga didepan rumah. Dan mogok. Benar air makin tinggi dan motor kudorong juga dibantu tetangga. Kemungkinan kemasukan lagi air melalui knalpot saat tiba-tiba mati. Untunglah air nggak sampai naik kerumah. Masih 20 cm ditangga depan rumah. Busi saya buka lagi bersihkan dg semprot OTOMAX dan lap. Setelah kupasang lagi, kupanasi motor hingga ngebul asap hitam dan suara langsam.

Esuk pagi (hari kedua) rupanya banjir malah tambah tinggi, hingga diambang pintu pagar/teras. Kuputuskan utk tidak keluar rumah dengan motor, karena jelas tidak mungkin. Aktifitas dirumah bersama tetangga, bermain air bah dan lain sebagainya. Hari ketiga baru surut.
Hari ketiga istri masuk utk membersihkan sekolah tempat ngajar. Saya antar, ditengah jalan, tidak jauh dari gerbang perumahan suara mesin mbrebet dan akhirnya tidak mau jalan. Kupikir belum bersih benar air yang masuk diknalpot tempo hari. Saya coba nyalain pelan, dan gas beberapa kali hingga banyak jelaga dan asap tebal keluar. Sampai bersih. Alhamdulillah mesin pun normal lagi. Istri kubawa ngebut, kayak Valentino Rossi... Tadinya istri sempat menyarankan , bawa dulu ke bengkel.

Semoga pengalaman ini bermanfaat, selain untuk meningkatkan kinerja mesin, ternyata bisa utk membersihkan mesin. Ada pesan menarik ketika saya pernah service motor (saya jarang sekali service motor): sebaiknya motor tidak sering diservice, walaupun utk membersihkan karburator. Makin sering diservice makin rewel.

Jangan lupa dimusim hujan, siapkan OTOMAX utk motor dan OESADA untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Tidak ada komentar