Breaking News

Berbisnis On Line itu Nikmat, Bisa Menikmatinya Dimana Saja dan Kapan Saja



Berbisnis On Line itu Nikmat, Bisa Menikmatinya Dimana Saja dan Kapan Saja

Apakah Anda seorang Karyawan seperti Pegawai Bank; Admin Kantor; coba jawab secara jujur apakah Anda nyaman dengan suasana kerja sekarang? Apakah Anda seorang Pengangguran coba jawab secara jujur apakah Anda nyaman dengan suasana kerja sekarang? Apakah Anda seorang Profesional seperti tukang ojek; dokter; tukang pijat; tukang bangunan; sales dll,   coba jawab secara jujur apakah Anda nyaman dengan suasana kerja sekarang? Apakah Anda seorang Boss: Pemilik Toko; Produsen suatu produk; Pemilik Pabrik; Kontraktor Bangunan; Developer; dll, coba jawab secara jujur apakah Anda nyaman dengan suasana kerja sekarang? Apakah Anda seorang Kepala Rumah Tangga; Ibu Rumah Tangga; Pelajar; coba jawab secara jujur apakah Anda nyaman dengan suasana kerja sekarang? Bagaimana dengan target omset dan pendapatannya? Apakah sudah sesuai dengan target yang diinginkan?
Manusia dari asalnya tidak suka dikekang, tidak suka diatur terus menerus dan tidak suka hidupnya diatur oleh orang lain. Anda setuju dengan hal ini? namun jika Anda masih belum nyaman dengan suasana  dan target penghasilan yang belum tercapai, teruskan membaca artikel ini...

Mungkin Anda seperti saya...Saya tidak suka dengan ide untuk kerja di kantor yang sama, suasana yang sama dari jam 8 pagi s/d 5 sore setiap hari, selama 20 tahun ke depan he…he…
Saya ingin bisa bekerja jam berapapun saya mau. Mau subuh, mau malam, terserah saya. Mau kerja di kantor, mau kerja di coffee shop atau mau kerja di tempat rekreasi, terserah saya.
Itu sebabnya saya sejak dulu tahu bahwa saya tidak mungkin jadi karyawan terus menerus (saya sempat jadi karyawan swasta selama beberapa tahun) karena rasanya tidak ada perusahaan yang mau memiliki karyawan yang semau gue seperti itu
Saya tidak tahu kapan persisnya keinginan untuk memiliki kebebasan seperti ini muncul, tapi kalau saya ingat-ingat, sepertinya sudah muncul sejak kecil yaitu saat saya merasakan jaga toko orangtua saya.

Nah, dengerin dulu eh baca dulu cerita menarik berikut ya: (lebih baik sambl ngopi atau minum es juice sirsak, sambil dengerin musik juga boleh...)
Di kampung dulu, Orangtua saya memiliki toko retailmenjual dari berbagai macam barang, dari alat tulis, kelontongan, perawatan tubuh, perlengkapan kerajinan, pulsa hingga  macam-macam barang yang saya juga tidak tahu persisnya.

Toko orangtua saya ini punya jam kerja yang sangaaaatttt panjang. Buka jam 7 pagi, tutup jam 10.00 malam, buka non stop pokoknya. Setiap hari buka, termasuk hari Minggu dan tanggalan  merah pun tetap buka karena jika toko tutup, berarti tidak ada pemasukan, atau lari ketoko lain dan tetangga kasihan juga harus jauh ke kampung sebelah, sayang kata orangtua saya.

Sejak kecil, saya dan saudara-saudara saya sudah disuruh bantu jaga toko setelah kami selesai sekolah ataupun pada saat liburan. Saat itulah saya bisa merasakan ketidak-sukaan menjaga toko karena harus melayani pembeli yang datang, lalu nunggu dan bengong bila tidak ada pembeli. Suasananya setiap hari ya gitu-gitu saja. Rutinitas yang membosankan, bukan?

Namun saya tetap bersyukur, berterima-kasih dan salut untuk kedua orangtua yang bersedia menjalani rutinitas itu, dalam hati saya tahu, saya tidak suka bisnis dengan rutinitas seperti itu.  Saya ingin memiliki bisnis atau karir yang bisa memberikan kebebasan sehingga lebih fleksibel, baik jam maupun tempat kerjanya. Saya mulai hunting cari tahu tentang bisnis online. Sekarang banyak menjamur dengan istilah marketplace atau ada yang dapat dilakukan dengan website sendiri. 

Mulai saat itu saya tidak harus ke kantor untuk kerja (walaupun saya dan istri memiliki kantor tempat tim kami bekerja). Cukup bekerja di rumah dan kalau bosan saya pergi ke Coffee Shop atau tempat nongkrong, tinggal bawa laptop dan kerja dengan suasana baru. Enak sekali bukan?  Saya dan istri bisa antar anak kami ke sekolah dan jemput saat pulang dari sekolah. Saya ikut hampir semua acara dan kegiatan sekolah dari anak kami. Saya juga punya waktu untuk ngajari dia saat mau test atau ulangan.

Lalu kapan saya bekerjanya?

Kalau lagi rajin, saya bangun subuh (saya adalah morning person, jadi bangun jam 3 pagi: shalat tahajud rutin dan langsung lanjut ke subuh adalah hal biasa bagi saya). Kerja lagi setelah antar anak ke sekolah. Siangnya saya take a nap atau tidur siang he..he.. Lalu jemput anak dari sekolah dan kadang antar anak ke les dan kegiatan lainnya. Malam saya kadang kerja lagi sebentar setelah dia tidur. Jadi jam kerjanya sangat fleksibel. Bahkan cukup satu jam saja sehari. Saya tidak tahu Anda sukanya bagaimana, tapi jam fleksibel seperti inilah yang saya suka.

Bisnis online juga memungkinkan kami pergi liburan saat bukan musim liburan, saat orang lain kerja. Anda harus tahu bagaimana enaknya liburan saat orang lain kerja he..he..serasa tempat wisata itu hanya milik kami sekeluarga.... Tempat-tempat wisata lebih sepi, jadi lebih enak dinikmati, apa-apa tidak perlu antri. Tiket pesawat dan hotel, semuanya lebih murah, itupun semua secara online. Kami paling tidak suka liburan saat lebaran atau akhir tahun karena dimana-mana penuh orang, semuanya serba mahal dan tempat wisata karena begitu padat, jadi tidak nyaman.

Saya dan istri saat ini masing-masing mengurus bisnis online yang berbeda. Istri saya lebih banyak yang mengurus bisnis toko online yang telah dimulai 3 tahun lalu, produk orang lain, sedangkan saya produk milik saya sendiri yang berhubungan dengan kesehatan.

Dari awal kami sudah men-setup agar bisnis online kami ini bisa berjalan tanpa harus kami ada di kantor kantor. Kami ingin bisa monitor bisnis kami dari manapun. Oleh sebab itu kami memiliki sistem dan tim. Kami sendiri lebih suka kerja dari rumah ataupun sambil travelling (ini hobi kami berdua he..he..). Kantornya pun juga rumah kami sendiri. Timnya nggak banyak,semula satu orang dan berkembang menjadi tiga orang. Pekerjaannya pun mudah terima order, packing barang yang ada di gudang (kamar tidak terpakai kami jadikan gudang) dan kirim ke ekspedisi.

Pernah kami sedang touring 10 hari lamanya. Ada satu moment saat perjalanan itu yang membuat saya diingatkan untuk bersyukur atas kebebasan yang diberikan oleh bisnis online.
Sambil menikmati Pemandangannya indah, tebing-tebing dengan hijau dan batu pualam serta tetesan sejuk mata air serta udara cukup dingin. Beberapa bagian lereng ditumbuhi warna-warni bunga bermekaran.  Wah indah banget, pokoknya.. Tiba-tiba istri saya berkata “Kita nanti perlu berhenti sebentar di suatu tempat, karena barusan dapat laporan dari tim di kantor ada barang yang kosong karena penjualannya lagi kencang sehingga stok habis dan perlu kulakan lagi.”




Kemanapun pergi tak sulit jaman sekarang terhubung dengan internet, sehingga ini memudahkan kami untuk bisa senantiasa komunikasi dengan tim kami. Kami mampir di sebuah Coffe Shop,  istri saya pesan barang ke supplier pakai iPad nya dan transfer pembayaran.



Tulisan ini semoga menginspirasi dan memotivasi Anda,tidak ada maksud untuk menyombongkan diri. Seperti saya Anda tidak harus kerja di kantor, dari pagi sampai sore (bahkan sampai malam kalau di Jakarta) selama puluhan tahun, bertemu keluarga saat malam hari, sudah capek, pinginnya tidur. Bangun tidur badan pada ngilu, panggil tukang pijat online dan sebaginya kemudian  rutinitas diulangi kembali.

Kembali kepada Anda. Hidup adalah pilihan! Banyak orang sukses secara online di jaman millenial ini. Jaman yang ditandai dengan mudahnya akses komunikasi dan informasi. Sekat jarak tidak lagi diperhitungkan. 

Referensi untuk anda yang ingin  memulai bisnis online tanpa ribet, tanpa perlu punya admin klik http://bit.ly/olshopid

Bantu temanmu punya peluang usaha dan punya penghasilan secara online dari sekarang, dengan bagikan artikel ini kepadanya, ke grup WA anda. Terima kasih. Salam sukses luar biasa.....!!