Cara Membuat Blog untuk Berjualan Online di Blogger.com - Investasi Terpercaya....
About Me

> Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Saya Ayok. Terima kasih telah berkunjung

Semoga Anda selalu berbahagia serta senantiasa dalam berkelimpahan dan penuh syukur.

Saya berharap bisa memberikan inspirasi dan manfaat buat kita semua...

,

Tentang Kami

15 Des 2023

Cara Membuat Blog untuk Berjualan Online di Blogger.com



Contoh Weblog, sumber : Google search


Langsung saja ya..

Blog adalah salah satu cara yang sudah banyak digunakan para penjual online untuk menampilkan produk dagangannya agar mudah dilacak, atau dijadikan sebagai katalog dan brosur secara online.

Saat ini kita pilih Blogger

Mengapa memilih Blogger.com atau Blogspot.co.id   Ya benar. Blogger merupakan platform blogging yang tersedia secara gratis. Platform ini dirilis pertama pada tahun 1999 oleh Pyra Labs. Empat tahun kemudian atau pada 2003, Blogger kemudian diakuisisi oleh Google. Blogger merupakan layanan yang dibuat terintegrasi dengan Google. Sehingga tak perlu ribet-ribet ketika membuat blog di blogger.

Siapkan email …gmail.com   pasti sudah punya ya.. setiap pemilik HP Android pasti punya, sebagai akun googlenya.

Berikut Langkah singkat cara membuat blog di blogger :

1. Membuat akun blog;

2. Membuat post atau halaman;

3. Mengatur tampilan blog;

4. Mengatur layout blog;

5. bantuan blogger;

1. Membuat akun blog

Buka Halaman blogger.com 

Silahkan untuk klik tombolCREATE YOUR BLOG seperti gambar berikut, nanti akan diarahkan ke halaman login.


Klik CREATE YOUR BLOG dan anda akan diarahkan ke halaman LOGIN 


Masukkan alamat Email gmail.com anda  dan passwordnya kemudian hingga masuk halaman seperti gambar berikut.


 Buat Blog Baru 

Silahkan untuk klik tombol BUAT BLOG BARU seperti gambar dibawah ini dan kemudian diarahkan untuk mengisi dan memilih theme default dari blogspot.


  

Cara membuat blog baru 

a. Title : Silahkan diisi dengan nama blog anda 

b. Address : Silahkan diisi dengan nama blog anda hingga muncul tanda 

c. Theme : Silahkan pilih theme yang sudah disediakan oleh pihak blogger.com 

d. Silahkan klik tombol Create blog



2. Membuat post atau halaman 

Setelah membuat blog sesuai dengan point 1 langkah selanjutnya adalah membuat post untuk membuat blog lebih optimal dengan mengisi berbagai konten. Di bagian ini akan dijelaskan cara membuat post atau halaman konten. Untuk membuat post, Anda cukup klik menu Posts dan pilih tombol +NEW POST. 


Tampilan untuk halaman posting akan muncul seperti  berikut:






1) Kembali kehalaman dashboard, adalah tombol dimana jika diklik akan kembali kehalaman dashboard blog. 
2) Judul Postingan, silahkan untuk mengisikan judul yang sesuai dengan berita yang akan diposting. 3) Toolbar, yang berfungsi untuk mengatur pada tulisan yang akan dibuat, seperto rata kanan kiri, huruf tebal, insert gambar dll. 
4) Tempat Editor, adalah tempat untuk meletakkan konten berita, bisa dengan text, gambar, link tautan dll 
5) Preview dan Save, pada tombol ini adalah berfungsi untuk melihat hasil postingan sebelum di publish dan juga menyimpan hasil postingan semisal belum selesai menulis atau yang perlu di edit lagi sebelum di publish 
6) Pengaturan Posting, pada pengatuan posting ada 5 pengaturan sebagai berikut ; 

Label, adalah fitur yang digunakan untuk mengelompokkan post kedalam kategori tertentu. Umumnya pengelompokkan ini sesuai dengan topik post yang dibuat. Fitur label bisa menambahkan beberapa kategori (lebih dari satu kategori) untuk suatu postingan. 
Seperti contoh sebagai berikut, dengan menambahkan label/kategori bisnis online maka postingan yang dibuat akan masuk ke kategori bisnis online


Published On, Fitur Ini digunakan untuk mengatur waktu publikasi (penerbitan) post. Pada pengaturan ini, Ada 2 pilihan yang tersedia: 
1. Automatic, Tanggal Post akan secara otomatis diterbitkan ke blog setelah klik tombol "Publish". 
2. Set date and time, Pilihan ini memungkinkan anda untuk dapat menentukan waktu secara manual kapan post akan diterbitkan (terjadwal). Fitur ini bahkan bisa mengatur waktu penerterbitan post menjadi lebih awal (sebelum saat ini). 

Permalink, Fitur ini bisa membuat/menyesuaikan permalink posting yang akan diterbitkan. 

1. Automatic Permalink, Membiarkan sistem membuat url untuk postingan secara otomatis. Url yang dibuat akan diambil berdasarkan judul post, lebih tepatnya berupa kombinasi beberapa kata (awal) yang terdapat pada judul post. Pada kebanyakan kasus (apa lagi untuk judul post yang agak panjang, seperti judul post pada contoh misalnya), url yang dihasilkan secara otomatis ini tampak kurang bagus. Tidak semua kata dalam judul post akan disertakan pada url. Oleh karena itu, disarankan untuk membuat tautan permanen secara khusus. 

2. Custom Permalink, Fitur ini memungkinkan dapat membuat/menyesuaikan url post yang akan diterbitkan. Disarankan untuk menggunakan slash (-) sebagai pemisah kata. 


Location, Bisa di isi dengan negara yang akan menjadi target blog anda. Atau di buat default saja tidak masalah (tidak ditentukan).


Permalink, Beberapa pengaturan yang bisa anda sesuaikan disini adalah: 

Ijinkan Pembaca Berkomentar (Reader Comment), Opsi untuk "mengaktifkan" atau "menonaktifkan" ketersediaan komentar untuk post yang akan diterbitkan. 



7) Publish, Jika sudah selesai dalam mengisikan konten dan mengatur postingan maka siap di publish


3. Mengatur tampilan blog Kunci tampilan Blogger yang bagus ada pada tema. Berikut ditunjukkan cara membuat blog di blogspot yang menarik. Klik Theme pada pilihan menu di sebelah kiri. Nantinya akan ada tampilan berbagai pilihan tema yang dapat diinstall. 



Pilih salah satu tema yang ingin Anda INSTALL. Nanti akan muncul cuplikan singkat seperti gambar di bawah ini. Untuk install, Anda tinggal klik tombol TERAPKAN

Anda juga dapat menggunakan template yang disediakan diluar blogger.com  atau CUSTOM, Siapkan terlebih dulu tema atau template yang ada sukai. Anda dapat mencarinya di pencarian google dengan kata kunci:'template blogger gratis' pilih yg Anda sukai dan biasanya filinya berextension ZIP. Extrak terlebih dahulu dan simpan file yang berextension.xml Selanjutnya kembali ke dasboard blogger:  pilih Tema, muncul seperti pada gambar sebelumnya, ada tombol SESUAIKAN ketika di klik ada beberapa pilihan dan pilih Pulihkan kemudian akan tampil seperti berikut ini:


Klik UPLOAD dan pilih file berextension.XML. Anda akan mendapatkan blog yang sesuai selera Anda dengan mengutak-atik atau edit tema dalam bahasa koding atau HTML (dengan langkah yang sama dari SESUIKAN pilih Edit HTML)

4.  Mengatur layout blog Di Blogger, bisa mengatur layout atau susunan elemen di blog. Untuk melakukannya klik tombol Layout di menu.

 


Pada  diatas menampilkan layout theme yang sudah di pilih/ di install. Untuk melakukan konfigurasi/ setting di tiap elemennya, tinggal klik tombol EDIT. Tombol tersebut akan memunculkan pop-up di mana Anda bisa melakukan konfigurasi. Beberapa elemen, terutama Gadget, dapat pula disusun sesuai keinginan. Caranya dengan melakukan klik dan tarik (drag and drop) di tempat yang di inginkan. Cara Add gadget, dengan klik tombol + Add gadget


5. Jika ingin bantuan blogger bisa di dapatkan di link berikut https://support.google.com/blogger


Nah Anda sekarang sudah punya blog atau web untuk menjual produk-produk Anda secara online. 

Ribuan produk yang siap dijual sudah kami siapkan pada situs   https://arenausaha.com   Anda pilih yang sekiranya diminati. Setiap produk sudah dilengkapi dengan  Link Referal (Reseller) sehingga setelah terjadi pembelian dari konsumen Anda akan diarahkan ke Halaman Chekout yang lengkap terintegrasi dengan layanan ekspedisi dan Metode Pembayaran yang Lengkap, dimana semua transaksi keuangan yang terjadi dapat Anda monitor dari dashboard reseller Anda. Jika Anda belum menjadi Reseller ArenaUsaha.Com  Silahkan Daftar Disini. 

Untuk cara posting dan cara menjualnya dapat dilihat pada menu TUTORIAL.

Sehingga jualan online Anda lebih efektif dan laris manis.

Jika Anda ingin memiliki domain sendiri bukan blogspot bisa klik banner dibawah ini ya.


DomaiNesia

Admin Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Solusi Bagi UKM, Pebisnis Online dan Anda yang Ingin Buka Usaha Kirim Paket Super Lengkap